Laman

Berita Terkini : Film Indonesia

Sabtu, 15 Januari 2011

Phishing

[NLH - News Lampung Hacker]

Phishing adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik (email) atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna. (sumber : wikipedia )




Teknik yang sering digunakan oleh phisher adalah sebagai berikut:
  1. Membuat situs jaringan palsu yang sama persis dengan situs resmi, sehingga jika ada pengunjung yang mengisikan data pribadi maka informasi akan direkam oleh pembuat situs palsu tersebut. Contoh kasus yang terheboh dulu adalah BCA. Web e-banking BCA yang beralamat di klikbca.com ditiru. Misalnya kilkbca.com, clickbca.com dan laen-laen yang mirip. Akibatnya banyak nasabah yang tertipu.
  2. Atau biasanya para hacker menyusupi sebuah website dan meletakkan halaman phishing.
  3. Mengirim e-mail palsu dan grafik untuk menyesatkan pengguna internet sehingga pengguna internet terpancing menerima keabsahan e-mail atau web sites. Agar tampak meyakinkan, pelaku juga seringkali memanfaatkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi, seperti bank atau penerbit kartu kredit. Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti password, PIN dan nomor kartu kredit.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar