Laman

Berita Terkini : Film Indonesia

Sabtu, 24 September 2011

Hukum Hacker menurut Hukum Islam

Dalam Ensiklopedia Istilah-istilah Komputer dan Internet, hacker secara tidak langsung menunjuk seorang programer atau amatir yang hobi komputer tanpa melalui pendidikan formal. Tergantung konteksnya, hacker bisa berarti positif (pujian) atau negatif (penghinaan) pada seseorang yang hobi komputer. Namun, belakangan ini arti hacker cenderung berkonotasi negatif. Untuk itu para hacker sejati menamai para hacker perusak dengan istilah cracker. Saya memahami bahwa hacker dan cracker yang anda maksudkan adalah yang merusak sebuah sistem komputer atau internet.

Secara umum, kata merusak selalu berarti negatif. Tapi, bila dikaitkan dengan obyek yang dirusak, kata merusak bisa berarti positif. Oleh karena itu, salah satu aplikasi kata nahi munkar dalam terminologi da’wah Islam yang bersifat amar ma’ruf nahi mungkar bisa berarti “merusak yang positif”. Misalkan menghancurkan berhala yang disembah manusia, tempat-tempat prostisusi, dan perjudian, itu berarti positif. Karena tujuannya untuk melindungi masyarakat dari sifat-sifat dan kebiasaan-kebiasaan yang buruk.

Begitupun dengan hacker dan cracker. Bila itu digunakan untuk merusak situs-situs Islam dan situs-situs yang positif dalam arti membangun dan menambah pengetahuan yang berguna, maka jelas itu tidak boleh. Karena itu berarti menghalangi da’wah lewat internet. Tapi, bila hacker dan cracker itu ditujukan kepada situs-situs porno atau situs-situs yang isinya mendeskreditkan Islam dan umat Islam, maka itu justru dianjurkan. Karena situs-situs seperti itu bertujuan merusak sifat-sifat kemanusiaan manusia. Bukankah salah satu pilar da’wah Islam adalah mencegah kemungkaran (nahi mungkar).

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa di antara kamu melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah dengan tangannya. Bila tidak mampu, hendaklah ia mengubah dengan lisannya. Dan bila tak mampu, hendaklah ia mengubah dengan hatinya. (Mengubah dengan hati) itulah selemah-lemah iman” (Muttafaqun ‘alaih). Wallahu a’lam

Sumber : vivanews

1 komentar:

  1. Kawan MOHON BANTUAN BLOKIR/HACK FORUM " Debate Kristen Islam " https://www.facebook.com/groups/506406336079783/
    dimana account merupakan content negatif penuh dengan sara/rasisme/ mengandung kebencian, dilihat dari pengurus juga merupakan orang2 yang FAKE! atau tidak asli seperti sengaja mengundang kemarahan dan kebencian di indonesia, mohon akun group fb ini di hack/nonaktifkan, karena sudah memecah belah dan merusak sendi agama. saya prihatin melihatnya. karena di lakukan oleh orang yg tidak bertanggung jawab. buat admin terima kasih ,.wassalamu alaikum warahmatullohhiwabaraakatuh.

    BalasHapus