Laman

Berita Terkini : Film Indonesia

Sabtu, 04 Januari 2014

Hacker Rusia Ambil Alih Server BBC

Hacker Rusia Ambil Alih Server BBC - Hacker asal Rusia sempat mengambil alih server kantor berita BBC. Bukan sekadar mengintip data, pelaku juga menjual isi server tersebut kepada peretas lain.

Menurut Reuters, peretas dengan nickname HASH atau Rev0lver itu membuktikan kesuksesannya membobol server BBC dengan beberapa screenshot. Ia pun menjual hasil temuannya itu kepada siapa saja yang berminat.

Pelaku memang tidak mencantumkan berapa harga untuk mendapatkan akses tersebut. Namun menurut Alex Holden, pendiri Hold Security, sebuah perusahaan cybersecurity asal Milwaukee, AS, memperkirakan bahwa nilai server BBC tidaklah murah.

"Saya tidak yakin jika server BBC hanya berisikan 40 juta nomor kartu kredit, di dalamnya pasti banyak data bernilai tinggi," kata Holden, seperti dikutip detikINET, Senin (30/12/2013).

Pembobolan ini pun disadari oleh tim keamanan BBC, mereka melihat ada lonjakan besar data yang keluar dari server milik mereka pada 28 Desember 2013 silam.

Tidak diketahui secara pasti berapa kerugian yang diderita BBC akibat pembobolan itu, namun pelaku diperkirakan bisa menggunakan data tersebut demi keuntungan pribadi.

"Secara teori, hacker yang telah menyusup bisa memanipulasi berita untuk membuat kekacauan di pasar keuangan. Ini bisa menyebabkan kerugian hingga miliaran dolar," tandas Holden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar